Di Balik Sukses Film dan Novel Tetralogi Laskar Pelangi

Di Balik Sukses Film dan Novel Tetralogi Laskar Pelangi

Benar-benar film Laskar Pelangi ini hebat dan mantap, baik dari sisi cerita maupun sisi jumlah penonton. Film yang diangkat dari novelnya Tetralogi Laskar Pelangi ini, yang keempat berjudul endensor, karangan Andrea Hirata ini sukses besar. Saya baca di sebuah buku yang sedikit mengupas kesuksesan Novel dan film laskar pelangi ini, buku ini memecahkan rekor buku terlaris, film terlaris, dan pembicara novel termahal. Novel dan Film Laskar Pelangi ini juga mengangkat nama pulau Belitong (belitung). Saya dapat kabar dari teman saya kalo di Belitong ini belum ada bioskop. Kalo memang benar, sayang sekali, masyarakat belitong sendiri tidak bisa menonton film ini. Yah, buat yang sering online, mungkin bisa menontonnya lewat video youtube laskar pelangi atau juga bisa mencari ebooknya dan mendownload gratis ebook laskar pelangi ini. Di acara Kick Andy Metro TV pun, Film dan Novel Laskar Pelangi ini dibahas dengan mengundang penulisnya langsung Andrea Hirata. Nah, ngomong-ngomong tentang Andrea Hirata dengan novel tetraloginya ini, saya dapat sesuatu kisah di balik sukses novel dan film Laskar Pelangi ini…

Andrea hirata menulis novel ini,  awalnya untuk dipersembahkan kepada ibu gurunya, ibu Muslimah. Andrea hirata ini awalnya tidak begitu lancar menulis isi novel Laskar Pelangi ini. Ketika kejadian tsunami aceh, Andrea hirata berpartisipasi sebagai relawan di Aceh. Ia melihat langsung bagaimana kejadian tsunami ini dan ia prihatin sekali atas kejadian ini dan menyentuh ke dalam hati nuraninya. Sepulang dari tsunami aceh ini, dengan perasaan haru, ia mulai menulis lagi kisah hidup masa kecilnya yang dituangkan di Novel tetralogi Laskar Pelangi. Berkat perasaan haru sepulang relawan, ia bisa menuliskan dan menyelesaikan novel ini hanya dalam waktu 3 minggu. Padahal sebelumnya ia menemui kesulitan untuk menulis isi novel ini. Hikmah yang luar biasa.

Setelah rampung, ia pun membuat 11 jilid novel ini, satu dipersembahkan pada ibu gurunya Ibu Muslimah, dan lainnya dipersembahkan pada teman-temannya anggota Laskar Pelangi. Salah seorang temannya mengirimkan novel Laskar pelangi ini pada penerbit (bukan Andrea hirata yang memasukkan pertama kali). Berkat temannya ini, Novel Laskar Pelangi ini akhirnya diterbitkan, dan bisa menuai kesuksesan yang luar biasa, sehingga sampai hari ini tgl 18 oktober, film Laskar Pelangi ini pun masih ramai di bioskop di Palembang Indah Mall Palembang. Acara Kick Andy Metro TV pun mengulas tentang film ini. Buku karya Andrea hirata ini menuai sukses besar, menghasilkan milyaran rupiah buat penulisnya Andrea hirata. Dan berkat laskar pelangi juga blog ini mendapatkan traffic lebih tinggi dari biasanya, lumayan sekitar 10 traffic per hari, dengan kata kunci macam-macam seperti download ebook laskar pelangi, download film laskar pelangi, download gratis video youtube laskar pelangi, andrea hirata laskar pelangi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: