Rahasia Umur Panjang

RAHASIA UMUR PANJANG

 

            Opa Yonas, anggota tertua di jemaat itu, merayakan hari ulang tahunnya yang ke-80. Meskipun umur sudah terbilang lanjut namun kakek ini masih tampak sehat dan tegap.

            “Opa sudah tua tapi masih kelihatan gagah dan sehat. Apa rahasianya?” tanya pemandu acara. Ratusan hadirin bertepuk riuh.

            “Begini, saudara-saudara. Kalian tentu masih ingat bahwa belum lama ini saya dan istri saya juga merayakan pesta kawin emas,” tutur opa Yonas sambil melirik si oma yang duduk di samping sembari tersenyum-senyum.

            “Pada malam pengantin, kami berdua mengadakan suatu janji. Apabila terjadi pertengkaran di antara kami berdua, pihak yang terbukti salah harus pergi ke luar rumah dan berjalan kaki selama dua jam,” lanjut opa. “Dan seperti kalian lihat, saya jauh lebih sehat dibandingkan dengan oma, karena saya tidak pernah mangkir untuk melaksanakan janji itu!”

 

(Pesan moral: Terserah persepsi anda, apakah opa ini tetap sehat karena rajin jalan kaki, atau sebab pasangan ini sering bertengkar selama limapuluh tahun perkawinan mereka—dan si opa lebih kerap salah sehingga harus jalan kaki! Kaum optimistik sering berkata bahwa ‘pertengkaran adalah bumbu penyedap dalam rumahtangga.’ Tetapi orang bijak menasihati, “Memulai pertengakaran adalah seperti membuka jalan air; jadi undurlah sebelum perbantahan mulai.” Amsal 17:14.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: