Minta Sepeda

MINTA SEPEDA

           

Doni, seorang anak remaja, tertangkap satpam ketika hendak mencuri sepeda di gereja. Dia dibawa menghadap pendeta.

            “Kenapa kamu mencuri?” tanya pendeta.

            “Saya ingin sebuah sepeda,” jawab Doni.

“Kenapa tidak minta dari Tuhan? Jangan mencuri sepeda milik orang.”

            “Sudah sebulan saya berdoa minta sepeda dari Tuhan, tapi belum diberikan juga,” tukas Doni. “Lalu saya mendengar pendeta berkhotbah bahwa Tuhan tidak menjawab doa kita dengan mengirim dari langit apa yang diminta, tapi kita harus berusaha.”

            “Jadi, kenapa kamu mencuri milik orang?” tanya pendeta.

            “Itu usaha saya.”

            “Tapi mengambil milik orang lain itu namanya mencuri, dan itu melanggar hukum Tuhan.”

            “Saya tahu itu,” kilah Doni lagi. “Tapi pendeta juga mengatakan bahwa Tuhan mengampuni segala dosa kita. Jadi saya berusaha semampu saya dulu, baru minta pengampunan dari Tuhan. Maukah pendeta mendoakan saya sekarang?”

 

(Pesan moral: Banyak di antara kita yang memiliki jalan pikiran seperti itu: berbuat dulu baru minta pengampunan. Memang, Rasul Paulus berkata, “di mana dosa bertambah banyak, di sana kasih karunia menjadi berlimpah-limpah” [Roma 5:20]. Seperti sel-sel darah putih yang gugur berperang melawan infeksi di tubuh kita berubah menjadi nanah, maka kehidupan seseorang yang berlumuran dosa dan terus memeroleh kasih karunia dirinya pun bertaburan nanah!)

Tinggalkan Balasan

