Mendongkrak Nilai Jual Rumah

Mendongkrak Nilai Jual Rumah
 
Bingung ingin menjual rumah tidak laku-laku? Tak sedikit orang yang mengalami hal demikian, bahkan hingga hitungan tahun pembeli tak kunjung datang.

Memasang iklan di koran, majalah atau menggunakan agen properti tidak menjadi jaminan bahwa rumah akan cepat terjual. Banyak hal yang menjadi penyebab, salah satunya adalah masalah harga.

Tak sulit menemui rumah dengan harga yang menjulang tinggi di lokasi yang jauh dari kesan elite. Banyak pemilik rumah tidak menyadari hal ini dan hanya memperhitungkan keuntungan. Namun alih-alih mendapat untung, rumah tersebut justru tidak laku karena kehilangan pembeli potensial.

Sementara itu, bila harga yang ditawarkan lebih rendah dari harga pasar memang bisa menarik banyak peminat. Namun jangan lupa juga, terkadang bisa timbul asumsi negatif dari pembeli bahwa ada sesuatu yang salah pada rumah tersebut bila harga yang ditawarkan terlalu rendah. Lagipula, bukankah bila akhirnya rumah laku terjual dengan harga di bawah rata-rata, Anda dapat dianggap
merugi karena seharusnya bisa memperoleh lebih. Serba salah, bukan?

Itu sebabnya dibutuhkan pertimbangan yang cermat dan matang sebelum menentukan harga rumah untuk menghindari hal-hal tersebut di atas. Faktor-faktor yang harus dipertimbangkan antara lain lokasi rumah, harga pasaran di lokasi tersebut, lingkungan sosial, fasilitas infrastruktur maupun fasilitas yang dimiliki rumah seperti adanya perangkat AC, water heater dan lain-lain.

Semakin lengkap fasilitas yang dimiliki atau semakin strategis lokasi sebuah rumah dapat mendongkrak nilai jualnya. Cobalah meminta perkiraan harga jual ini dari tiga agen yang berbeda dan bandingkan nilainya. Bila sudah ada calon pembeli yang berminat, ingatlah faktor-faktor penting yang menjadi nilai plus dari rumah Anda, misalnya rumah yang tertata rapi dan dalam kondisi baik, memiliki pendingin udara di setiap kamar atau lokasi rumah yang strategis. Hal ini bisa menjadi pegangan bagi Anda saat melakukan negosiasi dengan calon pembeli agar harga yang disepakati pun tidak turun terlalu jauh dari yang ditawarkan.

(RMC)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: