TIDAK MENGAKUI

TIDAK MENGAKUI

 

Seorang pria dibawa ke rumah sakit jiwa karena terus saja berceloteh menganggap dirinya sebagai Salomo, orang paling bijak sepanjang zaman dan raja tersohor bangsa Israel yang menggantikan ayahandanya, raja Daud.

Dokter memutuskan untuk menahan dia di rumahsakit itu demi observasi lanjut dan kemungkinan pemberian terapi yang sesuai supaya cepat sembuh dan kembali kepada keluarganya.

Karena tidak ada tanda-tanda bahwa dia dapat melukai dirinya sendiri maupun orang lain maka pasien baru ini ditempatkan sekamar dengan seorang pasien lama yang juga tidak berbahaya.

Di kamar itu dia tidak henti-hentinya berkata bahwa dirinya adalah Salomo, raja yang juga tersohor karena mempunyai istri-istri dan selir-selir sebanyak 1000 wanita jelita dan molek. Tapi celotehnya itu rupanya tidak diterima oleh penghuni lama yang lalu berteriak-teriak memanggil penjaga.

“Ada apa koq ribut-ribut?” tanya perawat dengan ramah. “Kemarin katanya kesepian kalau sendiri, sekarang sudah ada temannya malah marah-marah.”

“Saya tidak suka dengan pembohong,” tukas pasien lama itu sembari menunjuk pendatang baru di kamarnya itu. “Dari tadi dia mengaku dirinya Salomo, padahal saya tidak kenal dengan dia. Anak saya itu berbadan tegap dan tampan sekali, tidak kerempeng dan jelek seperti dia!”

Rupanya si “Salomo” itu ditempatkan satu kamar dengan pasien yang juga mengaku dirinya sebagai “Daud” raja bangsa Israel yang perkasa. Nah, lho!

 

(Pesan moral: Apakah kisah ini bisa diartikan bahwa kegemaran mengidentifikasikan diri sebagai orang “besar dan hebat” adalah gejala sakit jiwa? Yang jelas, “membual dan menyombongkan diri” adalah salah satu ciri manusia pada akhir zaman. 2Timotius 3:1,2; tetapi Tuhan “memahkotai orang-orang yang rendah hati dengan keselamatan.” Mzmur 149:4.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: