SUARA LEBIH BANYAK

SUARA LEBIH BANYAK

 

            Seorang pria yang sama sekali tidak bisa menyanyi ikut bergabung dalam koor jemaat. Meskipun sudah berkali-kali ikut latihan tetap saja dia tidak mampu menyanyi, sehingga keikutsertaannya dianggap bisa merusak penampilan koor.

            Meski sudah disindir dengan halus maupun secara terang-terangan tapi pria ini tetap ngotot untuk ikut menyanyi, akhirnya pemimpin koor dan beberapa anggota mendatangi pendeta.

            “Pendeta harus berbuat sesuatu supaya Saudara Anu tidak ikut koor,” kata sang pemimpin. “Kalau tidak saya yang akan meletakkan jabatan. Banyak anggota koor yang juga akan keluar.”

            Menyadari bahwa masalah ini tidak main-main, akhirnya pendeta mendatangi pria “tidak tahu diri” itu dan memintanya agar bersedia tidak tampil menyanyi.

            “Saudara mungkin lebih baik melayani dalam bidang lain saja,” kata pendeta dengan bijaksana namun tegas. “Sebab ada sekitar lima orang anggota koor yang mengatakan bahwa saudara tidak bisa menyanyi.”

            “Hanya 5 orang? Itu belum seberapa, pak pendeta,” tukas pria itu membela diri. “Saya dengar malah ada sekitar 50 anggota yang berkata bahwa pendeta juga tidak bisa berkhotbah!”

 

(Pesan moral: Manusia terlahir dengan apa yang disebut “mekanisme pertahanan diri” yang serta-merta digunakan bila egonya terusik atau dirinya disalahkan. Secara defensif ialah dengan mencari “kambing hitam,” dan secara ofensif adalah mencari pembenaran diri dengan balik mengungkit kesalahan lawan.Tapi seperti  Paulus, melayani Tuhan dengan rendah hati, bahkan airmata. Kisah Para Rasul 20:19.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: