Selamat Tinggal Kayu!

Selamat Tinggal Kayu!
Baja Ringan Jadi Pilihan

Konstruksi bangunan berbahan kayu, diprediksi bakal digeser baja ringan. Jenis bahan ini dianggap memiliki daya tahan relatif lebih baik dibandingkan kayu yang mulai langka.

Saat ini tidak sulit memilih berbagai produk bahan bangunan berbahan dasar baja ringan yang beredar di pasaran.

Bahkan, bukan hanya produk rangka atap bangunan, tetapi juga rangka bawah atau lantai. Dari floordek, tulang kolom, atap genteng, hingga pagar dari baja ringan. Seiring dengan hadirnya produk-produk ini permintaan akan bahan baja ringan sudah meningkat cepat. Sebaliknya, bahan kayu semakin ditinggalkan.

Menggunakan baja ringan lebih menguntungkan. Menggunakan baja ringan dapat menekan ongkos produksi. Di bandingkan kayu yang membutuhkan banyak pekerja, konstruksi baja ringan tidak butuh tenaga kerja banyak dan pemasangannya tidak membutuhkan waktu lama.

Dengan menggunakan baja ringan kita banyak diuntungkan dalam banyak faktor. Baja ringan lebih ekonomis, lebih tahan karena tidak kena rayap, anti karat, anti rayap, tidak membebani konstruksi bangunan serta lebih indah di lihat dari sisi estetika.

Tahan Rayap

Keunggulan baja ringan antara lain karena memang dirancang dengan dukungan teknologi yang teruji. Sekadar menyebut contoh, produk rangka atap Prima Truss menggunakan bahan yang disebut Zinc Alumi. Bahan ini memiliki komposisi coating 55% Al, 43,5% Zn dan 1,5% Si. Dengan komposisi itu, rangka atap ini tidak hanya kuat tapi juga ringan tidak membebani konstruksi sehingga memangkas biaya struktur.

Baja ringan bukan satu-satunya bahan bangunan alternatif pengganti kayu yang didukung teknologi tinggi. Selain rangka atap juga ada atap dari baja lapis alumunium tanpa sambungan. Bahan atap ini terdiri dari baja lapis seng 43,5%, silikon 1,5%, alumunium 55%. Kekuatan atap ini tinggi dilapisi alumunium Zinc hingga tahan karat dan mudah ditekuk serta disusun tanpa terkelupas.

Selain atap, masih ada Floordek atau pendukung lantai cor. Bahan yang digunakan adalah geladak baja yang digalvanis, berkekuatan tinggi, dan mempunyai fungsi rangkap dalam konstruksi plat beton. Lembaran-lembaran panel dibentuk dari pelat baja sempurna dengan ketebalan 0,75 mm sampai 1,0 mm.

Genteng metal dan kusen pintu metal, adalah bahan alternatif lain pengganti bahan konvensional. Kusen pintu metal adalah salah satu inovasi dan solusi terhadap masalah umum yang sering terjadi pada rumah-rumah di daerah tropis, yaitu kerusakan akibat rayap dan pelapukan karena tingkat kelembaban suhu yang tinggi. Khusus kusen metal, engsel pintu dilas titik pada kusen hingga terpasang kuat dan rapi.

Ekky Siwabessy | Global

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: