Kiat Membeli atau Menyewa Rumah?

Kiat Membeli atau Menyewa Rumah?

Kadang-kadang diperlukan beberapa pertimbangan khusus dalam memutuskan untuk memiliki sebuah tempat tinggal.

Selain kondisi lingkungan (keamanan dan kenyamanan), fasilitas dan kemudahan aksesbilitas, diperlukan juga pertimbangan untuk memutuskan apakah lebih baik menyewa atau membelinya.

Dengan menyewa rumah, memang kita tidak perlu mengeluarkan banyak biaya perawatan untuk rumah tersebut, namun bila dijumlahkan biaya sewa keseluruhan dan biaya penggunaan daya listrik dan air, maka bukan jumlah sedikit yang dikeluarkan.

Namun bila Anda hanya berencana untuk tinggal di suatu daerah dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama, misalnya Anda bekerja di sebuah instansi yang sering mengutus Anda berpindah-pindah dari satu daerah ke daerah lain, maka menyewa rumah lebih baik karena tidak perlu mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk membelinya dan tidak perlu mengurus penjualan rumahnya ketika akan pindah ke daerah lain.

Dengan membeli rumah perlu mengeluarkan modal awal yang cukup besar, antara lain untuk perbaikan saat pertama kali membelinya, dan pembayaran jasa notaris. Dengan biaya yang hampir sama dikeluarkan dengan menyewa rumah, namun membeli rumah jauh lebih menguntungkan.

Kenapa? Karena dengan membeli rumah, berarti kita telah memperoleh hak milik atas rumah tersebut. Selain itu,dapat dijadikan suatu investasi yang nilainya terus naik dan dapat di tempati selamanya, tanpa perlu kuatir harga sewa semakin naik dan tanpa perlu berpindah tempat lagi jika masa sewanya telah habis. Sangat menguntungkan bukan?

Apalagi saat ini terdapat beberapa bank yang memberikan KPR, yaitu kredit dalam pembelian rumah dengan banyak pilihan jangka waktu mulai dari setengah tahun hingga 20 tahun, dan bunganya pun masih terjangkau.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: