KENA BATUNYA

KENA BATUNYA

 

Kepala asrama putri sebuah sekolah seminari di Malang berniat hendak mengganti gorden ruang tamu. Dia menyuruh Rini, seorang siswi yang cerdas dan berparas cantik, untuk membeli kain di toko. Gadis itu ditemani Mbok Pinah, pembantu tua yang belum lama datang dari kampung dan kurang mengerti bahasa Indonesia, serta masih gemar makan pinang.

“Berapa harga satu meter kain gorden itu?” tanya Rini kepada lelaki pemilik toko yang siang itu sedang sepi pembeli.

Melihat gadis molek di depannya, pemilik toko berusia setengah baya itu menjawab: “Ah, buat mbak tiap satu meter dibayar dengan satu menit ciuman saja…” katanya sembari tersenyum genit.

“Kalau saya mau, apa bapak ini serius?” tanya Rini dengan gaya manja yang dibuat-buat. Dalam hati dia jengkel dan berniat untuk memberi pelajaran.

Merasa seakan gayung bersambut, pemilik toko yang berpikiran ngeres (kotor) itu langsung menukas, “Sungguh mbak, saya serius.”

“Kalau begitu kasih saya sepuluh meter,” kata Rini.

Dengan cekatan, sambil membayangkan yang tidak-tidak, pemilik toko itu segera mengukur, menggunting, membungkus dengan rapi, lalu menyerahkan kain itu.

“Nanti Mbok Pinah yang akan membayarnya!” tukas Rini seraya menoleh kepada pembantu tua yang sama sekali tidak mengerti apa yang terjadi…

 

(Pesan moral: Tidak disebutkan apakah “transaksi” itu terjadi atau tidak. Memang, orang lain bisa salah menilai tentang diri kita karena persepsi mereka sendiri, tapi terkadang pula hal itu akibat penampilan kita sendiri. Rasul Paulus mengatakan bahwa kita adalah “surat Kristus.” 2Korintus 3:3. Apa yang dunia baca melalui perilaku dan penampilan hidup sehari-hari anda dan saya?)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: