Furnitur Minimalis Tampil Lebih Manis

Furnitur Minimalis Tampil Lebih Manis
 
Sebagaimana ungkapan minimalis, maka detail rumit tak berlaku. Begitulah furnitur minimalis. Meski bentuknya cenderung sederhana, mengurangi penggunaan profil atau detil, namun tetap bisa tampil manis.

Menata interior rumah dengan gaya minimalis tidaklah sulit. Kuncinya adalah perhatian pada kesan ruang yang lapang dan luas. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah memilih furnitur yang tepat. Ini memudahkan dalam menata letaknya dan menyelaraskan warna serta tata cahaya pada ruang.

Furnitur minimalis biasanya mengurangi penggunaan profil atau detail seperti ukiran dan garis-garis lengkung. Bentuknya cenderung sederhana seperti kotak-kotak atau kubisme. Tampilan yang dihasilkan akan terlihat flat, bersih dan menghadirkan kesan luas.

Furnitur minimalis banyak terinspirasi dari gaya interior Jepang. Seperti tempat tidur berbentuk persegi panjang dan dibuat rendah dengan headboard berupa papan lebar berbentuk persegi yang dibiarkan polos atau sedikit aksen garis-garis lurus.

Sementara material yang digunakan kebanyakan berbahan kayu solid dari jati atau mahoni, beberapa juga kayu lapis. Kecuali untuk bahan kitchen set, yang dipakai jenis kayu dengan lapisan high pressure laminates (HPL). Selain kayu, untuk memperkuat langgam minimalis, tampilannya perlu dikombinasi dengan bahan stainless steel atau kaca agar terlihat lebih manis.

Stainless steel sendiri biasanya digunakan pada rangka meja dan handle pintu lemari atau laci. Sedangkan jenis kaca es (ice glass) dan sandblast banyak dikombinasikan untuk lemari pakaian, lemari pajang dan meja.

Warna untuk furnitur minimalis cenderung ke arah coklat kehitaman (coffee) atau sedikit terang seperti light cherry. Untuk menciptakan kesan ruang yang dinamis, anda perlu mengimbanginya dengan pewarnaan dinding yang kontras dan terang, misalnya warna krem atau karamel.

Pilihan warna yang sifatnya agak natural ini dimaksudkan agar tren ini bisa berlaku sepanjang tahun, tidak temporer. Jika ingin menghadirkan aksentuasi di ruang tamu atau ruang keluarga, bisa ditambahkan warna gelap pada salah satu dindingnya.

Tak Biasa

Memang furnitur minimalis identik dengan rumah modern yang memiliki karakter simpel, fungsional dan tidak berornamen atau tidak ada hiasan sama sekali.

Anda bisa memilih satu set kursi dengan desain modern dengan bentuk yang sederhana dan tidak rumit, desainnya bisa berpadu dengan desain ruangan yang minimalis sesuai dengan keinginan.

Sebuah ruangan bergaya modern yang ingin ditata, sebaiknya telusuri terlebih dahulu untuk merasakan atmosfer dari ruangan tersebut. Hal ini untuk menegaskan kembali keinginan terhadap ruangan tersebut. Contohnya, bila Anda terlalu sering berada dalam sebuah ruangan, maka boleh jadi Anda pernah merasakan kehilangan ‘sense of space’, sebuah perasaan seolah Anda baru pertama kali masuk ke suatu tempat. Karenanya desainer interior diperlukan untuk menangani desain sebagaimana yang Anda inginkan.

Furnitur yang terlalu besar memerlukan perhatian khusus saat meletakkannya dalam ruangan, karena furnitur ini bisa mendominasi ruangan Anda. Perhitungan dan ‘feeling’ yang baik diperlukan dalam meletakkan furnitur yang sesuai dengan besar dan fungsinya dalam ruangan Anda.

Pilih beberapa lampu hias yang sangat cantik dan menunjukkan inovasi desain terbaru yang bisa menunjang desain arsitektur modern saat ini. Bentuk yang tidak biasa dan jarang ditemui di bentuk-bentuk furnitur dan aksesoris rumah modern bermunculan dengan inovasi tiada henti. Dan Anda tinggal memilih!

PRC | Global

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: